10 February 2015

Tutorial: Cara Membuat Label Sederhana

Diposkan oleh Chirarae Panjaitan di Tuesday, February 10, 2015

Halohaaa^^

Label merupakan cara bagaimana hasil handmade kita dikenali oleh orang lain. Cara pemesanan label dapat kamu lakukan dengan melakukan order ke bagian poercetakan ataupun jasa pembuat label yang kamu inginkan. Disaat kamu membuat craft dari karya kamu sedang menunggu label kamu jadi (dengan kata lain sedang diproses ditempat kamu melakukan order label) atau belum memiliki label dikarenakan khawatir kamu membuat hasil craft hanya sedikit ataupun sekedar hobi, tentu membutuhkan label dadakan ini donk^^.
Tidak perlu khawatir, kamu bisa membuat label kamu sendiri yang cukup sederhana. Pembuatan label dapat kamu lakukan dengan mengeprint menggunakan paper transfer yang bisa kamu beli di Gramedia atau toko buku lainnya. Transfer paper ini kamu print dan kemudian kamu setrika diatas kain label.

Kali ini saya ingin membuat label dengan cara yang lebih sederhana, hehehehe itupun karena saya tidak memiliki transfer paper. Saya membuat label handmade dengan menggambar sendiri :p.



Yuk Lebih Jelasnya^^

1. Hal yang paling utama kamu harus memiliki spidol warna khusus untuk tekstil, dimana spidol ini permanen digunakan pada bahan tekstil. Warna dapat kamu sesuaikan yang kamu sukai. Spidol ini dapat kamu peroleh di Gramedia atau toko buku lainnya. Disini saya menggunakan merek Giotto dan Sharpie, kamu bisa menggunakan salah satu merek yang kamu nyaman menggunakannya^^

Giotto
Sharpie
2. Selanjutnya bahan dan alat yang digunakan seperti: perekat tekstil (fungsinya seperti double tape namun bahannya berupa serat halus), kain blacu (saya menggunakan label dari bahan blacu polos), gunting, pulpen/pensil dan contoh tulisan atau gambar yang menjadi design label.

Terlebih dahulu kamu gambar atau tulis design label kamu diatas kain blacu dengan menggunakan spidol tekstil Giotto atau Sharpie. Pada contoh punya saya ada pada digambar atas yak. Saya membuat sesimple mungkin, kamu yang pintar design/gambar pasti menghasilkan label yang unik^^. Label saya berukuran 5x3cm dengan melebihkan 1cm setiap tepi sebagai kampuh, sehingga total untuk 1 label berukuran 7x5cm.

3. Setelah kamu design label, kamu gunting sesuai ukurannya. Nah sekarang kita akan menjahit label tersebut di handmade/craft kamu. Disini saya akan mengukur sisi dalam tas untuk pemasangan label. Label dapat kamu pasang di outer atau lining handmade ya. Ambil sisi tengah sebagai patokan untuk menjahit label. Jangan mendekati sisi atas handmade agar label tidak terjahit. Label dapat kamu jahit disaat pembuatan lining tas atau outer tas.

4. Pada label yang telah digunting 7x5cm, kamu lipat 1 cm dibagian kampuhnya sehingga menghasilkan label dengan ukuran 5x3cm. 

5. Agar lebih rapi, kamu dapat melipat bagian kampuh menggunakan setrika yang cukup panas.

6. Setelah lipatan rapi, gunakan lembaran perekat tekstil sesuai dengan ukuran label. Perekat ditempel dibelakan kain buruk label.

7. Kemudian disetrika tepat ditengah tempat kita menjahit label. Perhatiakan tiap sisi ya supaya tepat berada ditengah dan tegak lurus.

8. Setelah disetrika maka label yang telah diberi perekat tekstil akan merekat seperti gambar dibawah ini.

9. TARAAAA..... label jangan lupa dijahit yak terus dirapikan benang-benangnya. Jadi deh label buatan kamu sendiri^^





Selamat mencoba (^.^)/

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 

Chirarae's Crafting By Chirarae's Crafting 2012|Visit Our Shop Chirarae's Crafting and www.chiraraes-crafting.blogspot.com