23 May 2016

Kristik Untuk Indonesia (KUI) - Kain Nusantara

Diposkan oleh Chirarae Panjaitan di Monday, May 23, 2016
Halohaaa^^

Waaaa senangnya diberi kesempatan ikut berpartisipasi dalam proyek KUI.
Yupzz... posting sebelumnya sudah pernah saya infokan mengenai "Apa itu KUI (Kristik Untuk Indonesia) ini.

Mungkin ini pertama kali proyek yang spekta yang dilakukan untuk Indonesia, yupz tentunya dengan tujuan visi dan misi yang sama oleh para designer dan stitcher se-Indonesia untuk mendokumentasikan dan memelihara harta karun Indonesia. Proyek ini berupa motif kain nusantara disetiap sudut daerah Indonesia tentunya.

Setiap motif daerah ini di design berupa pola kristik oleh para designer yang telah ditunjuk. Prosesnya tidak gampang loh, hal ini dikarenakan motif dituangkan dalam pola kristik yang tentunya sesuai dengan motif dan warna asli kain daerah tersebut.

Kami para stitcher mendapatkan satu pola kristik kain motif dengan cara di kocok seperti undian. Cara ini dianggap adil agar tidak menginginkan pola daerahnya sendiri. Seperti saya asli daerah sumatera Utara mendapatkan motif pola kain Batik Ganasan dari daerah Subang, Jawa Barat :)

Yuk mengenal motif kain yang akan saya buat kristik ini^^


Ini salah satu motif kain nusantara yang menjadi project "Kristik Untuk Indonesia" (KUI). Dimana mega project ini menjadi karya terbesar atas kecintaan para designer cross stitch dan cross stitcher nusantara untuk Indonesia, yang akan dipajang dimusium kristik nantinya.
Setia, Sabar, Sehati, Seutuhnya, Semangat, Untuk Indonesia.

Sekilas tentang Batik Ganasan, Kota Subang, Jawa Barat:

Batik Ganasan Subang merupakan seni batik yang muncul belakangan oleh inspirasi dan kekayaan seni serta alam yang bukan saja memiliki keindahan semata tetapi juga sarat dengan nilai-nilai luhur serta falsafah hidup.

Corak pada batik ganasan mengambil bentuk-bentuk seperti Nanas/Ganas, Wisma Karya, Baobab/Kitambleg, dan sebagainya yang memberikan simbolisasi akan kehidupan masyarakat Subang, Jawa Barat.

http://budaya-indonesia.org/Batik-Ganasan/


Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 

Chirarae's Crafting By Chirarae's Crafting 2012|Visit Our Shop Chirarae's Crafting and www.chiraraes-crafting.blogspot.com